Beranda Sumsel Baturaja 26 Ribu Lebih Belum Perekaman KTP, Disdukcapil Buka Layanan Perekaman Sabtu Minggu

26 Ribu Lebih Belum Perekaman KTP, Disdukcapil Buka Layanan Perekaman Sabtu Minggu

0

SumselNews.com BATURAJA – Upaya untuk mencapai target pelayanan dan penerbitan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-E) di Kabupaten yang berjuluk Bumi Sebimbing Sekundang ini, terus di lakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

“Target tahun 2018 ini minimal 95 persen warga OKU sudah memiliki KTP elektronik,”kata H Ajahari Kadindukcapil OKU didampingi Kabid Pelayanan Pencatatan Penduduk (Yandafduk) Yanizi dan Kasi KTP Nourma kepada sumselnews.com Rabu (31/10).

Menurutnya, untuk suksesnya target tersebut, selain melakukan sodialisasi melalui media masa baik itu cetak dan elektronik, pihaknya juga melakukan perekaman jemput bola, dengan datang ke desa – desa dan sekolah lanjutan.(SMA).

“Berdasarkan jumlah wajib KTP di OKU, masih tersisa sekitar 26..608 wajib KTP yang belum melakukan perekaman, dan terbanyak di Kecamatan Baturaja Timur, yakni lebih dari 7 ribu lebih yang belum merekam,”ungkapnya.

Dari data tersebut kata Ajahari pihaknya mencatat (per 30 September 2018- red) baru 89,9 persen yang sudah perekaman dari 95 persen yang di targetkan.

Untuk itu, lanjut Ajahari pihaknya terus melakukan himbauan dan sosialisasi melalui pemerintah kecamatan dan Kelurahan desa agar warga yang belum melakukan perekaman dapat segera merekam.

“Sangsinya jelas, kalau wajib KTP tidak melakukan perekaman sampai 31 Desember 2018, maka data yang bersangkutan akan terhapus oleh server pusat,”tegasnya.

Disamping sangsi tersebut sambungnya, pihak Disdukcapil tidak akan melayani semua bentuk dokumen kependudukan , apabila belum melakukan perekaman.

“Kalau salah satu anggota keluarga yang sudah wajib belum perekaman, maka yang bersangkutan tidak bisa mengurus dokumen, seperti membuat akte, memperbaharui KK, surat pindah, dan dokumen lain,”tegasnya lagi.

Salah satu upaya yang di lakukan pihaknya untuk mempercepat pelayanan perekaman KTP pihak Disdukcapil membuka layanan pada hari Sabtu dan Minggu.

“Bagi masyarakat wilayah Kecamatan Baturaja Barat dan Timur, serta kecamatan lain, pada hari Sabtu dan Minggu kami melayani perekaman KTP, mulai dari pukul 08.00 sampai pukul 12.00 Wib sampai bulan Desember,”terangnya.

Kabid Yandafduk Yanizi menambahkan, dari hasil jemput bola ke desa – desa, pihaknya mendapat jawaban bahwa salah satu penyebab masih banyaknya yang belum perekaman warga malas datang ke kantor camat.

“Informasi yang kami himpun dari beberapa desa, bahwa masyarakat malas perekaman karena alasan jauh, harus meluangkan waktu dan biaya ongkos untuk ke kecamatan,”ungkap Yanizi.

“Bahkan yang banyak ditemukan malas untuk perekaman adalah warga Kecamatam Kota, yakni Baturaja Timur,”Imbuh Nourma Kasi KTP.(Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here