Home Palembang Minim Air Bersih di Jalur Gasing, ACT Sumsel Luaskan Distribusi Air Untuk...

Minim Air Bersih di Jalur Gasing, ACT Sumsel Luaskan Distribusi Air Untuk Warga

Palembang.Nusantarasatu.co.id – Aksi Cepat Tanggap Sumatera Selatan (ACT Sumsel) kembali mendistribusikan kebutuhan air bersih untuk warga Sumatera Selatan, khususnya mereka yang tinggal di daerah Jalur Gasing, Banyuasin, Rabu (31/7/19).

Branch Manager ACT Sumsel, Ardiansyah mengatakan bahwa distribusi air bersih ini sebagai bentuk ikhtiar untuk mengatasi siklus kemarau yang melanda beberapa wilayah di Sumsel. “Alhamdulillah selama bulan Juli ini telah kami distribusikan sebanyak 49.000 liter air bersih untuk warga beberapa daerah di Sumsel seperti, Air Itam, Jl. Tanjung api-api, Jalur Gasing Laut, Keramasan, Desa Mulyasari, dan Pulokerto”, sahut Ardi.

Dampak kemarau yang telah dirasakan warga Sumsel sejak bulan Juli ini menyebabkan sumber mata air pun mulai mengering. Informasi yang diperoleh Tim Global Zakat ACT Sumsel, sudah beberapa bulan terakhir warga Gasing kesulitan mendapatkan air bersih, karena curah hujan yang mulai berkurang.

Walau jalur gasing sangat dekat dengan sungai, tetapi air sungai kini sudah tidak dapat dimanfaatkan oleh warga, karena telah tercemar oleh limbah pabrik. Begitu pun dengan air sumur yang kini kondisinya berkarat, para warga hanya menggunakan air sumur untuk kegiatan MCK, dan bukan untuk di konsumsi. Sehari-hari warga mengandalkan tampungan dari air hujan dan air isi ulang yang dibeli dengan harga Rp 4000/galon untuk dikonsumsi.

Sebanyak 7000 liter air bersih yang didistribusikan oleh tim Global Zakat ACT di Jalur Gasing, Rabu (31/07), disambut bahagia oleh para warga, salah satunya Pak Sofyan yang juga ikut mengantri air bersih.

“Senang sekali, hari ini kita dapat air bersih gratis, terimakasih untuk kebaikannya kepada warga sini, karena selama ini ya kita usaha sendiri untuk beli air galon, dan harus di hemat juga pakainya kalau tidak begitu ya jadi boros uang mas”, sahut Pak Sofyan.

Tim Global Zakat ACT Sumsel menargetkan sekitar 100.000 liter air bersih untuk membantu mengatasi krisis air bersih di beberapa wilayah di Sumsel, dan masih terus mengajak para dermawan untuk memberikan kontribusi terbaik membantu saudara yang membutuhkan.

Adapun untuk berkontribusi dalam program distribusi air bersih dapat melalui rekening Global Zakat ACT yaitu Rekening Bank BNI Syariah (999 000 435) a.n Yayasan Global Zakat, lalu konfirmasi ke WA 081369007979.(Akip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here