Home Gandus Empat Persoalan Warga di Kelurahan Karang Anyar

Empat Persoalan Warga di Kelurahan Karang Anyar

SUMSEL NEWS-Sebanyak 28 Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) yang melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Gandus, Palembang, Jumat (31/3).

Ersan, salah seorang mahasiswa mengatakan, dari hasil uji lapangan di Kelurahan Karang Anyar, ada empat persoalan yang sedang di hadapi oleh warga. Hipertensi, ISPA (Insfeksi Saluran Pernapasan Akut), Imunisasi dan Keluarga Berencana (KB).

“Kami mengadakan PKL di Kelurahan Karang Anyar ini sebanyak 28 peserta yang di bagi dua kelompok Posko. Kami mulai mengadakan PKL ini dari 13/3 dan berakhir pada 3/4, dari jurusan STIKes (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan) UMP tahun 2016-2017. Menurut data yang berkumpul di lapangan menunjukan bahwa warga yang berada di Kelurahan Karang Anyar ini mengahadapi empat persoalan, yaitu banyaknya warga yang mengalami tekanan darah (Hipertensi), kurangnya anak-anak dan balita mendapatkan Imunisasi, banyaknya warga yang mengalami ISPA, karena debu dari Batubara dan rendahnya warga yang menjadi perserta KB,”katanya.

Menurutnya, untuk di RT 1, RT 3, RT 5 dan RT 7 RW 02, Kelurahan Karang Anyar, yang letaknya  berdekatan dengan Seberang Ulu, tempat penumpukan Batubara, yang berada di Kecamatan Kertapati. Dan membuat warga di RT tersebut terserang ISPA. Dan hal itu menjadi keluhan warga setempat.

“Untuk di RT tersebut juga, itu ada warga yang menjadi masuk menjadi perserta KB. Namun, kebanyakan dari kaum perempuan di daerah tersebut tidak menjadi perserta KB,”ungkapnya.

Sementara itu, Lurah Karang Anyar, Mansyur, menghimbau warga tetap melakukan pembersihan di lingkungan tempat warga berdomisili. Dan melaksanakan pola hidup bersih dan sehat.

“Memang untuk hidup sehat, kita harus melaksanakan pola hidup bersih dan sehat. Jika ada barang-barang yang tidak berguka, segera di buang atau di kubur, menguras bak mandi dan menutup saluran yang dapat menjadi genangan air hujan. Dan tetap ikut dalam kerja bareng bersama Pemerintah Kota Palembang dengan melaksanakan kerja gotong-royong pada setiap Hari Minggu untuk menuju Palembang EMAS dan mensukseskan Asian Games 2018,”ujarnya. (ajib)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here