Home Palembang APBD Sumsel 2020: Anggota Banggar Sesalkan Ketidaksiapan Pemprov

APBD Sumsel 2020: Anggota Banggar Sesalkan Ketidaksiapan Pemprov

Palembang – Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), H M Anwar Al Syadat, mengklaim, Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD)┬átidak siap membahas APBD 2020.

Akibatnya, APBD Sumsel Tahun 2020 terpaksa molor dari ketentuan Permendagri Nomor 33 Tahun 2019, tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020. Dimana APBD 2020 harus diselsai 30 November 2019. Tapi, kenyataannya hingga Sabtu (30/11) belum juga tuntas.

“Kami sangat siap. Bahkan DPRD Provinsi Sumsel siap waktu 24 jam. APBD Sumsel 2020 selesai atau tidak ada ditangan Gubernur. TAPD Sumsel tidak siap !,” katanya, Sabtu (30/11).

Pria yang menjabat sebagai Wakil Ketua Fraksi PKS DPRD Sumsel ini mengaku, berapa hari terkahir DPRD melakukan rapat secara meraton. Bahkan hingga malam.

“Mereka terkesan kurang siap bahan, malam Sabtu (29/11) Banggar hadir sampai malam. Tapi, Ketua TAPD dan Sekretaris TAPD mendadak sakit dan tidak ada utusan. Terakhir tadi pagi sampai siang, Banggar sudah hadir tapi pihak TAPD tidak ada utusan resmi,” ujarnya.

Anggota komisi III DPRD Sumsel ini menambahkan, pembahasan APBD Sumsel 2020 akan dilanjutkan kembali pada Senin (2/12) mendatang.

“Pembahasan akan lanjut Senin,” katanya.

Dikehatui, jika APBD telat disahkan sampai tanggal 30 November, akan diberikan sanksi, seperti yang tertuang dalam UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Pasal 312 ayat (2). DPRD dan kepala daerah, yang tidak menyetujui bersama rancangan Perda tentang APBD sebelum dimulainya tahun anggaran setiap tahun, maka dikenai sanksi administratif berupa tidak dibayarkan hak-hak keuangan yang diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan selama enam bulan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here