Beranda Palembang Percuma Ada Excavator tapi Tidak Berfungsi

Percuma Ada Excavator tapi Tidak Berfungsi

0
Aliran Sungai Kedukan

SUMSELNEWS-Warga Lorong Kedukan Bukit 1 dan 2 mengeluhkan masih banyaknya rumput gajah yang berada dialiran Sungai Kedukan, di jalan Pangeran Sido Ing Lautan, Kelurahan 35 Ilir, Kecamatan Ilir Barat II, Rabu (28/11).

“Sebelum pilkada beberapa bulan yang lalu, Walikota Palembang, H. Harnojoyo, mengajak warga untuk melaksanakan kerja bakti gotong-royong. Dan sudah di siapkan alat berat Excavator untuk mengeruk dan membersihkan rumput yang berada di samping rumah warga. Sayangnya alat berat tersebut tidak di pungsikan, dengan alasan belum ada dana operasionalnya. Sehingga yang di bersihkan hanya rumput saja. Kita sangat kecewa sekali,”kata Ari warga RT 14.

Sedangkan menurut Nanang, warga RT 15, mengatakan, sangking senangknya warga, membongkar jemabatan dari kayu. Dan warga juga yang membayar tukang untuk membongkar jembatan tersebut.

“Sungai Kedukan ini sudah mendangkal dan banyak rumputnya. Jadi kalau ada sampah yang hanyut dibawah oleh arus, maka sampah tersebut itu tidak akan keluar lagi, karena terhalang oleh rumput. Kita kira dengan adanya alat berat yang sudah di tempatkan di aliran sungai untuk melakukan pengerukan. Tapi nyatanya, alat tersebut tidak di pungsikan sama sekali selama tiga minggu. Kalau pengerukan sudah dilakukan pada waktu itu, mungkin aliran Sungai Kedukan ini airnya tidak kuning lagi dan rumputnya hilang,”ungkapnya.

Di tempat terpisah, Lurah 35 Ilir, Bakri, S.Ag, mengatakan, dialiran Sungai Kedukan itu akan menjadi objek wisata, jika di kelolah secara serius. Di tempat itu juga pemerintah akan membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pakdarwis) yang punya program untuk memajukan aliran Sungai Kedukan.

“Kalau sudah dilaksanakan pengerukan aliran Sungai Kedukan beberapa bulan yang lalu. Aliran Sungai Kedukan itu akan menjadi tempat wisata. Bisa dibuat acara untuk masyarakat, seperti perlombaan Bidar Mini dan perlombaan yang lain. Dinas terkaitpun bisa melihat secara langsung keindahan Sungai Kedukan ketika sudah menjadi tempat wisata,”ujarnya. (ajib)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here