Beranda Asian Games 2018 Indonesia Negara Pertama Yang Boikot Israel Ikut Asian Games

Indonesia Negara Pertama Yang Boikot Israel Ikut Asian Games

0

SUMSELNEWS – JIKA dilihat dari letak geografis, sebenarnya Israel masih masuk di kawasan Asia. Untuk itulah seharusnya negara tersebut bisa ikut berpartisipasi, pada ajang Asian Games 2018 yang digelar di Jakarta-Palembang.

Namun, sayang Israel tidak tampil pada pentas Asian Games tahun 2018. Tentu saja banyak yang bertanya-tanya, mengapa?

Padahal beberapa negara timur tengah seperti Palestina dan Suriah, semuanya mengikuti pesta olahraga tingkat Asia ini.

Melihat dari rekam jejak sejarah, rupanya Indonesia menjadi negara pertama yang tidak mengizinkan Israel bertanding di pentas Asian Games.

Pada tahun 1962, waktu itu presiden RI pertama Soekarno, menolak Israel untuk ikut berpartisipasi pada ajang Asian Games IV yang diselenggarakan di Jakarta.

Hal itu tak lain karena kedekatan Indonesia dengan Palestina, dan aksi pemboikotan ini menjadi bentuk solidaritas Indonesia terhadap Palestina.

Waktu itu Indonesia juga tengah gencar memberikan dukungan moral terhadap Palestina.

Hal itu menjadi awal mulai Israel mulai diasingkan dari pentas ini, meski pada tahun berikutnya 1966 dan 1970, Israel kembali diperbolehkan mentas di Asian Games, yang digelar di Bangkok Thailand.

Lalu pada ajang Asian Games berikutnya tahun 1974 di Teheran, Israel juga kembali mengalami hal serupa, atlet dan negara Israel medapatkan persekusi dan semi boikot dari beberapa negara Arab.

Israel boleh ikut serta pada ajang ini, namun atlet-atlet dari negara Arab menolak untuk bertanding dengan atlet dari Israel, atas dasar solidaritas.

Berawal dari pemboikotan yang dilakukan Indonesia, hingga pengucilan oleh negara-negara arab telah memicu reaksi besar.

Pada tahun 1974 dan 1978 di Asian Games yang digeral di Bangkok, pemboikotan atas Israel kembali dilakukan.

Pemboikotan ini tidak dilakukan oleh tuan rumah Thailand, namun secara langsung dilakukan oleh Asian Games Federation (AFG), selaku organisasi resmi Asian Games.

Akibat pemboikotan ini, Presiden Komite Olimpiade Israel waktu itu Joseph Inbar marah besar pada AFG.

Namun, dengan tegas AFG menyatakan pemboikotan tersebut, hal ini didasari atas pertimbangan Dewan, yaitu tujuh negara Arab dan China yang memutuskan mendepak Israel.

Bahkan didepaknya Israel tersebut juga membuat heboh internasional, sebuah koran yang berbasis di Rusia,Petersburg Times mewartakan pemboikotan Asian Games atas Israel pada 26 Juli 1976.

Pada 1982, pada gelaran Asian Games di India, AFG benar-benar tak memasukan Israel di dalamnya, keputusan ini juga diperkuat oleh IAAF (Federasi Atletic Amatir International).

Dilansir New York Times, putusan tersebut dihasilkan dari kongres pada tahun 1983, menyebutkan “Voting Kongres menghasilkan 374-10 untuk keputusan mendukung pelarangan Israel tampil di Asian Games 1982.

Akibat boikot besar-besaran tersebut kini Isarael kesulitan tampil di pentas Asian Games, bahkan ditolak dalam beberapa ajang seperti Mediterranean Games (1951) dan Arab Games (1974).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here