Home Baturaja Sekretariat KPU OKU di Amuk Massa, Dua Orang Terluka

Sekretariat KPU OKU di Amuk Massa, Dua Orang Terluka

BATURAJA – Ketidak puasan salah satu tim pemenangan pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan Tahun 2018, mengepung Sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) pada Selasa (27/2).

Unjuk rasa yang di lakukan poleh tim pasangan calon yang awalnya berlangsung tertib, tiba – tiba ricuh dan bentrok dengan satgas pengaman Pilkada yang terdiri dari TNI, Polri dan Satpol PP.

Pengunjuk rasa yang sudah tersulut emosi membuat kekacauan dengan membakar ban bekas disertai aksi pengrusakan.

Petugas Dalmas yang bersiaga lengkap dengan Tameng dan pemecut masih menjadi pagar pengaman Massa terus merangsek maju dengan melempar batu dan kayu secara membabi buta.

Beruntung saat kejadian Tim Walet yang ikut bersiaga tampil kedepan Dalmas langsung sigap memuntahkan puluhan tembakan ke udara dengan tujuan massa bisa dipukul mundur. bersamaan Mobil Water Cenon yang didatangkan langsung menyemprotkan gas air mata, hingga dalam sekejap masa yang emosi langsung buyar, kemudian menjauh beberapa meter,walau mereka belum membubarkan diri,namun situasi bisa di kendalikan oleh aparat.

Akibat bentrok tersebut sedikitnya 2 (dua) pengunjuk rasa terluka dan langsung dilarikan ke Rumah sakit,sedangkan oknum yang jadi Propokator berikut pimpinan pengunjuk rasa juga berhasil di amankan petugas.

Peristiwa ini merupakan rangkaian simulasi Sistem Pengamanan Kota ( Sispam Kota ) Pemilihan Gubernur /Wakil Gubernur Sumsel yang di gelar Polres OKU, yang disaksikan Bupati Drs H Kuryana Azis di Terminal Tipe A Batukuning Baturaja.

Kapolres OKU AKBP NK Widayana Sulandari, mengatakan Tahapan Pilgub Sumsel yang sedang berjalan, menuntut kesiap siagaan aparat terkait atas kemungkinan terburuk sekalipun, hingga rasa aman penyelenggara Pemilu serta masyarakat yang akan memberikan hak suaranya bisa terjamin,”tegas Kapolres didampingi Bupati OKU Drs H Kuryana Azis.

Pantauan di lapangan, kegiatan simulasi tersebut melibatkan PPK dan PPS Kecamatan Baturaja Timur. (Red).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here