Beranda Sumsel Baturaja Disdukcapil Jemput Bola, Perekaman KTP ke Sekolah

Disdukcapil Jemput Bola, Perekaman KTP ke Sekolah

0

SumselNews.com BATURAJA – Untuk mempercepat proses perekaman KTP elektrobik, Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) melakukan program “jemput bola” dengan mendatangi setiap Setiap Sekolah Menengah Atas (SMA) di Bumi Sebimbing Sekundang.

Kepala Disdukcapil OKU H.Ajahari melalui Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Rasidi mengatakan hal ini untuk memberikan kemudahan bagi wajib KTP Pemula disetiap sekolah untuk melakukan perekaman data.

“Hari ini merupakan kegiatan perdana kita ditahun 2018 melakukan perekaman KTP-E di SMA Negeri 4 OKU sebagai bentuk nyata program jemput bola,”ungkap Kabid PIAK Disdukcapil OKU pada Kamis (25/10) disela kesibukannya melayani para siswa SMAN 4 OKU.

Menurutnya, kegiatan jemput bola perekaman bagi wajib E-KTP pemula disekolah-sekolah akan terus berlanjut, pihaknya akan mendatangi setiap sekolah SMA/SMK di OKU.

Hal tersebut sesuai dengan surat edaran dari Kementrian Dalam Degeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jendral Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang mewajibkan untuk jemput bola melakukan perekaman.

“Sebelumnya kita telah melakukan hal yang sama kedesa-desa, kalau untuk disekolah ini fokusnya kepada wajib KTP Pemula” ujarnya.

Kegiatan ini sendiri ditargetkan dapat selesai sebelum akhir Desember mendatang, Wajib E-KTP Pemula disetiap sekolah sudah melakukan perekaman.Dijelaskannya wajib KTP tidak mesti siswa yang kelas tiga, namun siswa kelas 1 dan 2 pun jika sudah cukup umur 17 tahun sudah bisa melakukan perekaman E-KTP. “Syaratnya mudah cukup membawa kartu keluarga OKU, kalau yang Kartu Keluarganya bukan dari OKU tidak bisa melakukan perekaman” ujarnya.

Rasidi mengimbau kepada setiap sekolah SMA/SMK yang ada di OKU jika ada siswanya yang telah cukup umur dan menjadi wajib KTP, silahkan untuk menyampaikan kepada pihaknua, sehingga pihaknya bisa mendatangi sekolah tersebut untuk melakukan perekaman.

“Kalau tidak ada kendala, seperti gangguan jaringan atau alatnya eror, dua hari E-KTP ini sudah selesai dicetak senin nanti sudah bisa kita bagikan ke siswa” tukasnya.

Sementara itu Kepala SMA Negeri 4 OKU Jumiati sangat menyambut baik kedatangan pihak Disdukcapil untuk melakukan perekaman E-KTP, menurutnya apa yang dilakukan pihak disdukcapil sangat membantu program sekolah. karena menurutnya selama ini banyak siswa yang minta izin untuk keluar sekolah untuk membuat E-KTP ke Capil,

“nah kalau seperti ini siswa bisa melakukan perekaman secara serentak dilingkungan sekolah sehingga kita tidak was-was jika siswa kita harus ijin keluar” ujarnya.

Di SMA N 4 ini sendiri lanjutnya ada sekitar 60 siswa yang melakukan perekaman E-KTP, seluruh siswa ini merupakan siswa kelas 12 yang telah cukup umur dan menjadi wajib E-KTP. “Sebenarnya jumlahnya banyak ada sekitar 100 siswa namun sebagian ada yang sudah membuat sendiri kecapil” tuturnya

Jum, berharap program seperti ini bisa terus berlanjut sehingga siswa yang telah cukup umur bisa membuat KTP, “semoga kegiatan ini bisa terus berlanjut” harapnya.

Disisi lain disampaikan Khoirunisa salah seorang siswi SMA N 4 OKU yang melakukan perekaman, menurutnya ia sangat terbantu dengan adanya perekaman E-KTP disekolah, Siswi yang baru berumur 17 tahun ini menuturkan ia sudah berkeinginan untuk membuat E-KTP namun selalu terbentur dengan jam sekolah.(Red).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here