Home Baturaja Lubuk Kemiling Hujan Air Mata

Lubuk Kemiling Hujan Air Mata

SumselNews.com BATURAJA – Hujan air mata saat melepas sosok tokoh yang bijak dan senantiasa menjadi pengayom untuk semua lapisan masyarakat Desa Lubuk Kemiling Kecamatan Kedaton Peninjauan Raya (KPR) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU, menjadi momen yang paling bersejarah di daerah setempat.

Memang, setiap pertemuan pasti ada perpisahaan, dan tiada yang kekal dalam hidup ini, rasa haru warga Desa Lubuk Kemiling ini juga di rasakan para undangan yang hadir, ketika masyarakt harus rela melepas Sunari sang Kepala Desa yang sudah habis masa jabatannya.

Puisi, lagu dan cindera mata satu persatu di persembahkan oleh Perangkat Desa juga  BPD kepada Sunari sebagai tanda terima kasih atas pengabdian sebagai Kepala Desa,  yang diiringi dengan tetesan airmata semua undangan yang hadir.

“Kami sangat sedih untuk melepas Pak Sunari, namun apa hendak dikata, tak terasa selama dua periode (12 Tahun red) beliau meminpin Desa ini, begitu cepat berlalu dan terasa baru kemarin,”kata Mulyadi Sekretaris Desa  pada saat usai Pelantikan Penjabat (PJ) Kepala Desa Lubuk Kemiling, dan Perpisahan Kepala Desa yang lama pada Senin (23/1/2017).

Dikatakan Mulyadi, selama memimpin Desa Lubuk Kemiling Sunari menjadi pengayom yang bijaksana, dan semua kegiatan Desa selalu di musyawarahkan dengan warga,”Sosok sederhana dan selalu mengedepankan kepentingan masyarakat, itulah yang di lakukan beliau selama mejabat sebagai Kades, terlebih lagi yang berkenaan dengan pembangunan mulai dari perencanaan sampai pada pelaksanaan selalu melibatkan orang banyak,”ungkapnya.

Keteladanan Sunari sebagai orang nomor satu di Desa, menjadi panutan masyarakat, bahkan di nobatkan sebagai Pahlawan Pembangunan Desa oleh masyarakatnya,”Kegigihan dan semangat beliau untuk memajukan desa begitu terasa dan membuahkan hasil, hal inilah membuat semua warga tak rela berpisah dengan Sunari, tapi jabatan sudah diatur oleh undang – undang dan dibatasi oleh waktu, kami harus rela,”kata Idrom tokoh masyarakat Desa Lubuk Kemiling yang juga mantan Kades pada periode sebelumnya.

Meskipun jabatan Sunari sebagai kepala Desa Lubuk Kemiling sudah berakhir, masyarakat masih merindukan dan mengharapkan agar pada periode selanjutnya memimpin kembali Lubuk Kemiling,”Kami sangat mengharapkan beliau memimpin Desa ini lagi, karena aturan yang baru jabatan Kepala Desa itu 3 periode, kalau saja tidak dibatasi oleh aturan akan kami daulat beliau menjadi Kades seumur hidup,”ujar seorang warga.

Sementara itu, Koordinator Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan H Rudi Hartono merasa haru dan kagum dengan sosok kepemimpinan Sunari selama menjadi Kepala Desa Lubuk Kemiling,”Sepanjang sejarah di daerah kita ini, baru hari ini saya menyaksikan masyarakat tidak rela di tinggalkan pemimpinnya, semua warga meneteskan air mata saat bersalaman dengan beliau, bahkan semua undangan yang hadirpun larut dalam kesedihan,”katanya.

Ditambahkannya, sosok Sunari menjadi contoh keteladanan seorang pemimpin yang dirindukan semua masyarakat,”Semoga keteladanan belaiu yang sederhana, ulet, tekun, sabar dan seantiasa mendahulukan kepentingan masyarakat menjadi inspirasi bagi Kades – Kades yang lain,”harapnya.

Sementara itu, Camat KPR Yoyin Arifianto mengucapkan selamat bertugas kepada Eri Ariansyah sebagai PJ Kades Lubuk Kemiling, dan berpesan agar dapat melanjutkan program kerja Kades yang belum terselesaikan,”Selamat bertugas kepada Eri Ariansyah, lanjutkan program pembangunan yang sudah menjadi program kegiatan Kades sebelumnya, dan kami ucapkan terima kasih atas pengabdian Pak Sunari yang telah banyak berbuat untuk kemajuan Desa Lubuk Kemiling,”pungkasnya.

Pelantikan Eri Ariansyah sebagai Penjabat (PJ) Kepala Desa Lubuk Kemiling yang sebelumnya menjabat sebagai Staf di Kantor Camat KPR menggantikan Sunari yang habis masa jabatannya, di pusatkan di halaman Kantor Kepala Desa Lubuk Kemiling, yang dihariri oleh unsur Muspika, Kades, BPD se Kecamatan KPR dan seluruh masyarakat Desa Lubuk Kemiling. (Ton/Pah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here