Muba

298 Sertifikat Gratis Diserahkan ke Warga Transmigrasi Di Muba

SUMSELNEWS.COM – Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Muba, menyerahkan 298 sertifikat tanah yang langsung diberikan kepada masyarakat yang berada di daerah tranamigrasi SP 2 Desa Air Balui Kecamatan Sanga Desa Kabupaten Muba.

“Ada 450 sertifikat tanah yang diterbitkan oleh ATR/BPN Muba khusus untuk masyarakat transmigrasi,namun baru ada 298 sertifikat yang sudah diterbitkan sedangankan 152 masih ditubda karena masih bermasalah dan ini gratis yang merupakan program pemerintah pusat.” ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Muba, Zulfakar kepada awak media Minggu,(14/1).

Dikatakanya, permasalahan belum diterbitkanya 152 sertifikat itu, disebabkan nama yang tertera dalam sertifikat tanah tidak ada lagi di lokasi transmigrasi dan kepemilikannya telah beralih kepihak lain.

“Jadi sebanyak 152 sertifikat tanah pembangiannya kita tunda. Jika tetap dikasihkan melanggar aturan, sebab penerima sertifikat tanah harus orang yang pertama kali atau terdaftar,” katanya.

Pengusulan pembuatan sertifikat tanah khusus untuk masyarakat transmigrasi ini, dikatakan zulfakar telah dilakukan sejak tiga tahun yang lalu ke Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, namun baru dapat terealisasi di akhir tahun 2017.

“Untuk sertifikat bermasalah telah kita laporkan ke Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi pada 26 Oktober 2017 agar dapat dicari solusinya,” tuturnya

Dengan adanya sertifikat tanah, diharapkan tidak ada lagi permasalahan lahan yang melanda masyarakat transmigrasi, sehingga pengelolaan lahan yang diperuntukkan untuk pertanian atau perkebunan dapat dilakukan dengan maksimal yang berujung pada peningkatan perekonomian masyarakat.

“Adanya legalitas tanah ini diharapkan menjadi pemicu masyarakat dalam mengelola lahan agar lebih produktif untuk peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.(ZUHRI)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top