Home Baturaja Gelar Perlombaan Unik, Ribuan Penonton Padati Pinggiran Sungai

Gelar Perlombaan Unik, Ribuan Penonton Padati Pinggiran Sungai

SumselNews.com BATURAJA – Gegap gempita memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang ke 72 Tahun ini, berbagai lomba hiburan rakyat di gelar, mulai dari tingkat anak – anak hingga dewasa.

Seperti di kaetahui Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) yang memiliki 13 Kecamatan dan 157 Desa dan Kelurahan , hampir semua wilayah berada di pinggiran sungai, mulai dari sungai Saka, Sungai Lengkayap, yang terbesar dan terpaanjang adalah Sungai Ogan sangat cocok untuk dijadikan wahana perlombaan air seperti bidar.

Berbagai macam kreasi dan inovasi menciptakan jenis perlombaan yang unik dan menghibur bermunculan hampir disetiap daerah, seperti  lomba bidar dayung sandal jepit, lomba menangkap bebek mata tertutup, dan panjat pinang miring ke sungai.

“Menang biasanya lomba bidar itu semua nya menggunakan perahu dan dayung, satu tim terdiri dari 3 orang, tapi kami merubah sedikit satu pemegang kemudi masih menggunakan dayung, dua rekan nya menggunakan dayung sandal jepit,”kata Novi Taruna,ST Kepala Desa Peninjauan Kecamatan Peninjauan di dampingi Ketua Karang Taruna Desa M.Faisal.

Dikatakannya, dalam dua tahun terakhir pihaknya tidak mengelar kegiatan lomba bidar dan panjat pinang miring ke sungai, karena terkendala waktu dan kondisi alam,”Sudah dua Tahun kita tidak melaksanakan kegiatan seperti hari ini, dua tahun berturut – turut acara 17 san nya pada bulan suci Ramadhan, dan kondisi sungai sedang banjir, dan Alhamdulillah tahun ini bisa di laksanakan lagi,”ujar Kades yang sudah dua periode menjabat ini.

Ketua Karang Taruna Desa Peninjauan M.Faisal  yang juga selaku ketua panitia menambahkan, kegiatan memeriahkan HUT RI ke 72 tahun ini, tangkai perlombaan bertambah dari tahun sebelumnya, baik itu untuk anak – anak maupun untuk tingkat dewasa.

“Permintaan dari anggota Karang Taruna dan masyarakat agar tahun ini tangkai perlombaannya di tambah, karena sudah dua tahun tidak dilaksanakan di pinggir sungai,”kata Faisal.

Selanjutnya, selain lomba bidar kata Faisal, ada juga lomba gebuk bantal di tengah sungai, yang sangat menghibur penonton, dan lomba menangkap bebek dengan mata tertutup,”Alhamdulillah semua kegiatan perlombaan sukses, para peserta dan penonton sangat terhibur,”ujar Faisal.

Dikesempatan itu, pihaknya mengucapkan banyak terima kasih kepada donatur dan masyarakat Desa Peninjauan dan sekitarnya yang telah berpartisipasi memeriahkan HUT RI ke 72 Tahun ini,”Terima kasih banyak kepada donatur dan masyarakat Kecamatan Peninjauan, yang telah berpartisipasi memeriahkan kegiatan HUT RI ini, dan semoga kedepan acara akan lebih semarak dan meriah lagi, hadiah perlombaan  akan di bagikan pada tanggal 19 sekaligus malam hiburan,”pungkasnya.

Pantauan dilapangan, lomba panjat pinang miring kesungai meskipun sangat menantang sangat menghibur ribuan penonton yang berjejer di sepanjang sungai ogan desa Peninjauan, sorak sorai serta teriakan penonton menambah kemeriahan.

Juara 1 lomba bidar ibu – ibu di raih oleh Tim Lili Cs, juara 2 Tim Yeni Cs, sedangkan juara 1 lomba bidar bapak – bapak di raih oleh Tim Sunandar CS, juara 2 oleh Tim Udin CS, dan juara 3 di raih oleh Tim Pirman CS.(Ton)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here