Home Palembang 18 Wartawan Mengikuti Kompetensi UKW

18 Wartawan Mengikuti Kompetensi UKW

PALEMBANG – Sebanyak 18 wartawan mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) untuk jenjang muda di ruang Parameswara Pemerintah Kota Palembang. Acara dibuka oleh Sekda kota Palembang Drs. Ratu Dewa, MSi, Rabu (17/7).

Ratu Dewa dalam sambutannya mengatakan, jika dirinya sangat merasakan apa yang terjadi dengan wartawan. Sekda Kota Palembang, mengisahkan jika dirinya selama menjadi pegawai negeri selalu berdekatan dengan wartawan.

“Sejak menjadi Pegawai Negeri saya ini sudah terlalu lama dan sering sama-sama dengan wartawan. Jadi sangat tahu apa dirasakan oleh wartawan. Saya pernah di departeman penerangan, kemudian juga pernah di Humas baik di Pemprov maupun di Pemkot,”katanya.

Di akhir sambutannya Ratu Dewa berpesan, agar UKW ini dijadikan momentum tak terlupakan bagi wartawan. Sehingga diharapkan akan menjadi wartawan yang kompeten, beretika, professional, dan bermartabat. Sekda kelahiran Ogan Ilir (OI) ini juga mengapresiasi kinerja kepengurusan PWI di bawah kepemimpinan Firdaus Komar.

“Alhamdulillah kami beserta jajaran pemerintah Kota Palembang sangat mengapresiasi kinerja PWI Sumsel yang telah membuka sinergi khususnya dengan humas. Maka dari itu selama PWI dipimpin oleh Firdaus Komar Insya Allah kami dapat bekerja sama. Dan kami berharap semoga semoga semua wartawan yang ikut UKW hari ini semuanya kompeten,”ungkapnya.

Sementara itu Ketua PWI Sumsel, H. Firdaus Komar, mengungkapkan kebahagiaannya, dimana PWI Sumsel dapat bekerja sama dengan Pemerintah Kota Palembang untuk yang pertama kalinya selama PWI dan Pemkot ini ada.

“Saya hanya ingin menyampaikan terima kasih pada Pemkot Palembang terutama pihak humas yang telah memfasilitasi kegiatan ini. Kita tahu bahwa sejak 2010 saat Piagam Palembang, sudah dicanangkan bahwa wartawan itu harus kompeten. Untuk itu harus mengikuti uji kompetensi ini. PWI Sumsel sejauh ini telah menyelenggarakan UKW sebanyak 24 kali, dimulai tahun 2011 yang lalu, dan kini sekitar 398 lebih wartawan anggota PWI Sumsel yang dinyatakan kompeten,’’katanya.

Di sela-sela acara Penguji UKW dari Jakarta Pusat, Junaidi Junti, menegaskan, hingga saat ini masih banyak wartawan yang belum kompeten, bahkan yang lebih memprihatinkan banyak yang tidak hapat dan memahami rambu-rambu kode etik sebagai wartawan, padahal ini sangat vital.

“Kami sangat berharap teman-teman wartawan serius mengikuti UKW ini. Karena 2019 ini kita ada tambahan mata uji, Etika Hukum Pers. Insyaa Allah hari ini kita akan menyelesaikan tujuh mata uji dan sisanya dilanjutkan hari berikutnya. Di samping itu tolong teman-teman pahami juga kode etik jurnalistik karena hingga kini banyak yang tidak hapal,”ungkapnya.

Turut hadir dalam acara pembukaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) ke – 24 tersebut di antaranya, Kabag Humas Pemkot Palembang Amir Sandy, Kasubag Adi Zahri dan sejumlah pengurus PWI Sumsel, Wakil Ketua Bidang Organisasi Anwar Rasuan, Sekretaris Dwitri Kartini dan Wakil Ketua Bidang Pembelaan Wartawan Mulyadi SH. UKW direncanakan berlangsung selama dua hari yaitu 17-18 Juli 2019. (Akip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here