Home Baturaja Serap Aspirasi Masyarakat, Desa Tanjung Baru Gelar Musdes

Serap Aspirasi Masyarakat, Desa Tanjung Baru Gelar Musdes

SumselNews.com BATURAJA – Untuk menyerap aspirasi masyarakat dan merencanakan pembangunan yang berskala prioritas┬áDesa Tanjung Baru Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu,(OKU) menggelar acara Musdes (Musyawarah Desa) bertempat di aula kantor Desa Tanjung Baru Baturaja Timur pada Minggu (16/7).

 

Musdes yang dihadiri unsur Pemerintah Desa, BPD, Masyarakat dan Tenaga Ahli serta Dinas PMD OKU ini bertujuan menggali berbagai usulan pembangunan dari masyarakat di wilayah Desa Tanjung Baru. “Dalam rangka penyusunan dokumen rencana pembangunan di desa, perlu adanya koordinasi dan partisipasi masyarakat,” kata Kepala Desa Tanjung Baru, Amin Rahman kepada awak media, Minggu (16/7).

Hasil kesepakatan dalam Musdes akan dituangkan pada berita acara dilampirkan dengan catatan laporan Musdes, selain itu Musdes ini juga untuk mengevaluasi kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan agar menghasilkan keputusan yang bermutu dan sesuai dengan mufakat bersama.”Keinginan masyarakat akan tersalurkan melalui Musdes, sehingga program perencanaan Tahun 2018 nantinya bisa sepakat dan sependapat satu suara,” ungkapnya.

Dijelaskannya, Musdes merupakan acara rutin desa, hal itu sesuai dengan UU No 6 Tahun 2014 pasal 54 memberikan pedoman penyelenggaraan Musdes pada pasal 54 disebutkan Musyawarah Desa merupakan forum Permusyawaratan yang diikuti oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Pemerintah Desa, dan unsur masyarakat Desa untuk memusyawarahkan hal-hal yang bersifat strategis dalam penyelenggaraan Pemerintah Desa.

“Dalam acara Musdes ini agar menghasilkan keputusan yang bermutu dan keterlibatan masyarakat tidak sekedar mobilisasi, namun sudah pada tingkat partisipasi aktif, selain itu kesepakatan yang dihasilkan Musdes mampu menjawab isu strategis di desa secara substansi,” tandasnya. (Pah).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here