Beranda Sumsel Muba Cegah Terjadi Kesalahan Saat Pemungutans Surat Suara,KPUD Muba Beri Pemahaman Kepada PPK

Cegah Terjadi Kesalahan Saat Pemungutans Surat Suara,KPUD Muba Beri Pemahaman Kepada PPK

0

SEKAYU – Guna mengantisipasi berbagai kendala di lapangan saat pemungutan dan penghitungan serta rekapitulasi perolehan suara pemilihan umum tahun 2019, KPUD  Kabupaten Muba menggelar bimbingan teknis pemungutan dan penghitungan suara (Tungsura) serta rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2019,Kemarin.

Komisioner KPUD Muba Divisi Tehknis penyelenggaraan Khairul Anam melalui kasubag teknis M ali mengatakan bimtek yang digelar ini bertujuan memberikan pemahaman komperhensif kepada penyelaggara pemilu di tingkat PPK.

“Diantaranya, penyampian materi pemungutan dan penghitungan surat suara, tanda coblos surat suara sah tidak sah,cara rekapitulasi pemungutan surat suara dan penetapan hasil pemilu, tata cara rekapitulasi surat suara pemilu 2019 menggunakan sistem informasi situng Agrerator.”terangnya.

Selain itu, saat pemungutan dan perhitungan suara pemilihan umum 2019, setiap warga yang tercantum dalam daftar pemilih tetap (DPT) akan membawa 5 jenis surat suara yaitu surat suara pemilihan presiden, surat suara dewan perwakilan daerah, surat suara legislatif tingkat pusat, surat suara legislatif tingkat provinsi dan surat suara legislatif tingkat kabupaten/kota.

“Maka penyelenggara wajib cermat mensosialisasikannya kepada pemilih agar proses pemungutan dan penghitungan lebih mudah dan tepat,” bebernya.

Tak hanya itu, Para peserta yang di ikuti oleh 70 orang dari masing masik PPK di 14 Kecamatan yang ada di Muba mengingatkan agar pada pelaksanaan 17 april mendatang agar lebih teliti dalam hal penghitungan surat suara di tingkat TPS.

“Karena ini pilkda serentak, pilpres dan pileg tentu waktu yang diperlukan cukup lama. Kami juga menekankan agar dalam pengisian formulir C1 di tingkat TPS harus teliti dan benar”imbuhnya.(FIZ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here