Home Muba Bakar Lahan, Ahyar Diamankan Unit Pidus Polres Muba.

Bakar Lahan, Ahyar Diamankan Unit Pidus Polres Muba.

SEKAYU – Unit Pidsus Sat Reskrim Polres Musi Banyuasin (Muba) menangkap seorang pensiunan PNS di Kabupaten Muba. Atas kasus pembakaran hutan, kebun dan lahan (Karhutbunlah). Yang terjadi di sebuah lahan yang berada pada Jalan Sekayu – Pendopo Kelurahan Soak Baru Kecamatan Sekayu Kabupaten Muba pada Kamis (25/07/2019) yang lalu.

“Benar, dari hasil lidik dan identifikasi Tim Pidsus Sat Reskrim Polres Muba. Dipimpin Kanit Pidsus Iptu Rusli, SH, MH. Berhasil menangkap Ahyar (61) warga Jalan Laut Kelurahan Soak Baru Kecamatan Sekayu. Pensiunan PNS di Muba ini kita tangkap atas kasus karhutbunlah, ” ujar Kapolres Muba AKBP Andes Purwanti, SE, MM melalui Kasat Reskrim AKP Deli Haris didampingi Kanit Reskrim Iptu Rusli, SH, MH kepada awak media, Selasa (13/8/2019).

Lanjutnya, dari TKP sendiri. Pihaknya turut mengamankan barang bukti berupa 2 buah karet ban dalam mobil, Sisa kawat ban luar mobil yang terbakar, 2 puntung arang kayu bekas bakar dan 3 pasang sepatu milik tersangka yang terdapat sisa abu bakaran.

Jelasnya, sekitar pukul 13.00 wib. Pihaknya mendapat informasi telah terjadi kebakaran di lahan jalan Sekayu – Pendopo Kelurahan Soak Baru Kecamatan Sekayu. Dari informasi itu, diperintahkan Kanit Pidsus untuk mengecek kebenaran dan olah tkp.

“Ya dari laporan masyarakat ada informasi karhutbunlah. Kemudian Saya perintahkan Kanit Pidsus untuk mengecek kebenaran dan olah tkp, ” jelasnya.

Sambungnya, setibanya di TKP bahwa informasi ini ternyata benar adanya. Beberapa saksi dan Ahyar (tersangka) juga ada. Hasil lidik dan interogasi terhadap para saksi. Bahwa tanah seluas 5 hektar yang mengalami kebakaran tersebut ternyata milik tersangka.

Tegasnya, akhirnya pada Senin (12/8/2019). Tersangka dapat diamankan Tim Pidsus Sat Reskrim Polres Muba. Tersangka pun sudah mengakui melakukan pembakaran itu. Guna proses lebih lanjut. Saat ini tersangka dan barang bukti sudah kita amankan di Mapolres Muba.

“Tersangka akan kita jerat pasal 187 ayat 1 jo pasal 188 KUHPidana, ” tegas Kasat Reskrim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here