Home Sumsel Muba Lengkapi Persyaratan, Tim Komisi Akreditasi Survei Rumah Sakit Sungai Lilin

Lengkapi Persyaratan, Tim Komisi Akreditasi Survei Rumah Sakit Sungai Lilin

0

SEKAYU – Guna memenuhi salah satu persyaratan agar rumah sakit bisa bekerjasama dan menerima pasien Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sesuai Permenkes No 34 Tahun 2017 tentang Akreditasi Rumah Sakit.

Kepala dinas kesehatan Kabupaten Muba, dr Azmi Dariusmansyah mengatakan hari ini, pihaknya bersama tiga orang surveyer dari tim komisi akreditasi rumah sakit independen pusat Jakarta melakukan penilaian terhadap potret rumah sakit sungai lilin yang ada saat ini.

“Ya, hari ini tim survei sudah melakukan penilaian terhadap rumah sakit sungai lilin. Sebab sesuai surat ederana menkes
No 34 Tahun 2017 setiap rumah sakit wajib terakreditasi”kata kadinkes Muba dr Azmi Dariusmansya,Rabu (12/6).

Dikatakanya, akreditasi ini memang wajib dilakukan secara berkala oleh setiap rumah sakit tujuanya agar pelayanan terhadap pasien sesuai dengan standar yang sudah ditentukan.

” sekarang seluruh pelayanan rumah sakit wajib terakreditasi hal ini dilakukan untuk meniliai bagaimana mutu pelayanan yang ada untuk keselamatan para pasien”teranganya.

Lanjutnya, dari hasil wawancara dengan tim penilai, mereka mempertanyakan bagaimana komitmen pemerintah daerah (pemda) terhadap Rumah Sakit Yang ada.

“Sudah kami sampiakan kepada tim penilai, bahwa Pemda Kabupaten Muba khusunya bapak Bupati Dodi Reza Alex sudah berkomitmen untuk melakukan peningkatan terhadap Rumah Sakit Bayung lencir dan Rumah Sakit Sungai lilin bahkan Bupati juga meminta agar kedua rumah sakit ini bisa dijadikan sebagi Rumah Sakit sentral khusus trauma (trauma center)”bebetnya.

Dari itu, agar rumah sakit Sungai Lilin ini terakreditasi,tentu secara otomatis perlu dilakukan pembenahan semua semua, baik itu sarana dan prasarana maupun SDM yang berkualiatas sesuai dengan kompetensi masing-masing bidang.

Salah satunya, rumah sakit harus menyekolahkan tenaga dokter untuk menjadi dokter spesialis.selain itu juga pihaknya akan melakukan perbaikan regulasi terhadap yang ada. Nah ini semua sudah dipersiapkan oleh pemda.

“dari hasil penilaian tim survei, rumah sakit sungai lilin untuk potret yang ada saat ini sedikit akan melakukan pembenehan untuk sarana maupun prasarana serta SDM yang ada, hanya itu saja yang perlu dibenahi. Untuk rumah sakit Bayung lincir sudah dilakukan akreditasi dan alhamduliah mendapat bintang dua. Jadi jika semua rumah sakit sudah Terakreditasi rumah sakit bisa bekerjasama dengan Jaminan kesehatan BPJS, mudah mudahan dalam waktu dekat rumah sakit sungai lilin bisa terakreditasi senhingga masyarakat tak perlu khawatir lagi untuk berobat”tukasnya.(Fiz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here