Beranda Nasional Ketum IWO : Wartawan Online Harus Mampu Membaca Pergerakan Zaman

Ketum IWO : Wartawan Online Harus Mampu Membaca Pergerakan Zaman

0

SumselNews.com DEPOK – Hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Ikatan Wartawan Online (IWO) ke 1 Tahun 2019 yang di gelar pada 11-12 Maret 2019 yang dipusatkan di Village Shekinah Kota Depok menghasilkan 3 gagasan penting program jangka pendek,  jangka menengah dan jangka panjang.

“Kesepakatan dalam Rakernas ke 1 untuk program jangka pendek adalah pembenahan kepengurusan mulai dari tingkat pusat hingga tingkat daerah,”kata Ketua Umum IWO Jodhi Yudono di Villa Shekinah Depok pada Selasa sore (12/3) usai penutupan Rakernas IWO,

Dikatakan Jodhi,  untuk program jangka menengah adalah, IWO harus menjadi konstituen Dewan Pers,”kita targetkan dalam satu bulan kedepan seluruh PW dan PD sudah menyampaikan berkas keanggotaan masing – masing, yang nantinya akan kita sampaikan ke DP sebagai salah satu syarat,”ujar Jodhi.

Program jangka panjang IWO, akan memggelar pelatihan – pelatihan jurnalistik yang berbasis media sosial,”Ini diselaraskan dengan perkembangan teknologi di era industri 4.0,”ujar Jodhi.

Selain itu, menurut Jodhi yang tak kalah penting adalah program jangka panjang IWO memgacu kepada kesejahteraan anggota.

“Untuk meningkatkan kesejahteraan wartawan,  mau nggak mau kita (IWO) harus mengikuti perkembangan zaman,  dan harus lebih kreatif dalam membaca pergerakan zaman,”kata Jodhi.

Selanjutnya, ungkap wartawan senior kompas.com ini,  yang di dapatkan hasil Rakernas juga mendorong anggota IWO tidak hanya sekedar mampu mengkolaborasikan hasil jepretan poto dan menulis berita.

“Wartawan media online tidak hanya  pandai memotret dan menulis berita,  juga harus bisa manfaatkan sesuatu momen dengan video (gambar bergerak), mengedit serta menyajikan sebuah berita online dengan gambar yang berbicara dimedia sosial,”tegas Jodhi.

Hal ini sangat penting, kata Jodhi karena selain hasil karya tulisan, media kita juga menyajikan gambar yang berbicara kepada pembaca.

Lebih jauh Jodhi mengatakan,  rangkaian kegiatan Rakernas IWO juga mensosilaisasikan Peraturan Organisasi (PO)  dan Kode Etik Wartawan Online (KEWO) kepada seluruh pengurus dan anggota IWO.

“Sudah saatnya kita berbenah diri, apalagi kepengurusan wilayah saat ini sudah 17 Provinsi yang sudah di lantik, dan 71 pengurus daerah kabupaten kota, yang jumlah anggotanya sudah ribuan dan IWO menjadi rumah besar bersama para wartawan online,”tegasnya lagi.

Dalam kesempatan itu,  atas nama pengurus pusat, Jodhi mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan pertisipasi seluruh pengurus wilayah dan pengurus daerah seluruh Indonesia.

“Selamat jalan,  semoga rekan – rekan sehat dan selamat kembali ke daerah masing – masing, dan kembali beraktifitas seperti biasa, “pungkasnya.   Red).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here