Home Sumsel Baturaja Relawan Sosialisasikan Jenis dan Warna Surat Suara

Relawan Sosialisasikan Jenis dan Warna Surat Suara

0

SumselNews.com BATURAJA – Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat pada Pemilihan Umum Tahun 2019 yang akan digelar pada Rabu 17 April mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) gencar melakukan sosialisasi pemilu.

Relawan Demokrasi (Relasi) yang merupakan perpanjangan tangan KPU mensosialisasikan jenis dan warna surat  suara kepada para pewarta yang bertugas di Bumi Sebimbing Sekundang yang di pusatkan di RM Tuah Pangeran Baturaja Selasa (12/2).

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya pada Pemilu Serantak pertama kali di Indonesia ini, dan dapat tersebar luas ke masyarakat.

“Dengan melibatkan para wartawan yang menjadi peserta sosialisasi diharapkan apa yang kami sampaikan dapat menjadi bahan berita, nantinya akan di baca oleh masyarakat luas,”kata Feriandi salah satu Relasi Berbasis Relawan Demokrasi.

Memperkenalkan jenis dan warna surat suara ini agar nasyarakat dapat membedakan mana surat suara 5 jenis surat suara tersebut ,”Surat suara yang akan di gunakan nanti ada 5 jenis dengan warna yang berbeda, yakni Surat suara DPRD Kabupaten/Kota yang berwarna hijau,  untuk surat suara DPRD Provinsi warnanya biru, surat suara DPD RI warna merah,  Surat Suara DPRRI warna kuning,  dan Surat Suara Presiden dan wakil Presiden berwarna abu – abu,”terang Feri.

Selain mensosialisasikan jenis dan warna surat suara para Relasi ini, juga mengajak masyarakat sebelum menentukan pilihannya agar terlebih dahulu mengenal calon yang akan dipilih.

“Jadilah pemilih cerdas, jangan harap dapat pemimpin bagus, hak pilih kita bisa dibeli,”ujar Feri.

Disamping itu, para relawan juga mengajak agar masyarakat peduli dan sadar pemilu,”Mari kita beramai – ramai datang ke TPS untuk memilih pemimpin, pilihan kita menentukan nasib bangsa ini lima tahun kedepan,”timpal Bagus.

Sementara itu Doni Mardianto Anggota KPU Divisi SDM dan Parmas menambahkan, jika ada masyarakat yang belum terdaftar sebagai pemilih, segera lapor ke PPS di Desa Kelurahan masing – masing.

“Cek data diri langsung ke web KPU, apabila belum terdaftar silahkan lapor ke PPS di Desa Kelurahan masing – masing untuk didaftarkan dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK),”jelasnya. (Ita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here