Home Palembang Fokus Perbaikan Jalan, Mega Proyek Jembatan Musi VI Dihentikan

Fokus Perbaikan Jalan, Mega Proyek Jembatan Musi VI Dihentikan

0

Pembangunan mega proyek Jembatan Musi VI yang menghubungkan kawasan Palembang sebelah hilir dan hulu akan dihentikan untuk tahun 2019 ini. Padahal hingga kini progres penyelesaian jembatan yang bernilai lebih dari Rp 500 miliar tersebut sudah mencapai 68 persen.

Kepala Bidang Bimtek Dinas PU Bina Marga dan Tata Ruang Provinsi Sumsel, M Ridwan mengatakan, pembangunan jembatan Musi VI pada tahun ini dihentikan karena tidak ada anggaran. Saat ini, APBD Sumsel sedang fokus untuk memperbaiki infrastruktur jalan yang rusak.

“Kita fokus untuk perbaiki infrastukrut jalan. Jembantan Musi VI akan dilanjutkan kembali pada tahun 2020,” kata Ridwan, Minggu (10/3).

Sembari itu, kata dia, pihaknya melakukan evaluasi kembali terkait besaran dana yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pembangunan mega proyek tersebut. Hal ini sebagai langkah agar jangan sampai pada saatnya nanti ditemukan pemasalahan.

“Sesuai dengan instruksi Gubernur Sumsel untuk menghitung kembali kebutuhan dana pembangunan proyek tersebut. Sehingga tidak ada lagi permasalahan seperti pembebasan lahan yang ditemukan sebelumnya,” katanya.

Sementtara itu, Plt Kepala Dinas PU Bina Marga dan tata Ruang Sumsel, Darma Budhi mengatakan kdihentikannya pembangunan Jembatan Musi Vi karena masih adanya lahan warga yang ternyata belum dibebaskan.

Menurutnya, proses penggantian lahan yang sebelumnya berlarut-larut membuat lima rumah warga di wilayah seberang hulu dan hilir ada yang menolak besaran ganti-rugi. “Jadi selama tahun 2019 ini tidak ada pengerjaan dilapangan,” katanya.

Terkait konstruksi jembatan, Budhi menyebutkan saat proyek dihentikan, pengerjaannya sudah mencapai 68 persen. Namun begitu, untuk sisi jembatan sudah selesai secara keseluruhan.

“Untuk jembatan sudah selesai semua, tinggal penghubung naik ke jembatannya saja belum bisa diselesaikan,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here