Home Prabumulih Diduga Pungli, Seorang Pemuda Diringkus Timsus Tantura Polres Prabumulih

Diduga Pungli, Seorang Pemuda Diringkus Timsus Tantura Polres Prabumulih

PRABUMULIH, SUMSELNEWS.COM – Timsus Bhayangkara Tantura Patrol Polres Prabumulih berhasil mengamankan lelaki berinisial RU warga Desa Tanjung Menang, Kecamatan Prabumulih Selatan, Kamis (6/9/2018). Kuat dugaan, RU sering melakukan aksi Pungutan Liar ( Pungli) disepanjang Jalan Lingkar Timur Kota Prabumulih.

Hal ini diperkuat dengan ditemukannya barang bukti (BB) jebakan paku yang ada pada pelaku. Tak hanya itu, dalam penangkapan tersebut, petugas juga menemukan bukti lain berupa sebuah batu digunakan pelaku untuk memecahkan kaca mobil sasaranya.

Dengan temuan barang bukti tersebut, pelaku kemudian diamankan Timsus Tantura ke Mapolres Prabumulih. Selanjutnya, pelaku telah diserahkan ke petugas piket Satreskrim Polres Prabumulih guna dilakukan proses pemeriksaan dan pengembangan lebih lanjut.

Kapolres Prabumulih, AKBP Tito Travolta Hutauruk SIK, MH melalui Kasat Sabhara Polres Prabumulih AKP Toni Arman, SH didampingi Ipda Rikiyanto membenarkan penangkapan pelaku RU. Tanpa ada perlawanan pelaku berhasil di diamankan dan saat ini pelaku masih menjalani prose penyidikan lebih lanjut.
“Pelaku berinisial RU berhasil kita amankan, sementara pelaku satunya melarikan diri kedalam hutan. Saat ini pelaku berikut BB sudah kita serahkan ke petugas Satreskrim guna dimintai keterangan lebih lanjut,” jelas Rikiyanto, Jumat (7/9/2018).

Riki mengatakan, penangkapan berawal ketika pihaknya melakukan patroli hunting dalam rangka antisipasi tindak pidana 3C, yakni Senpira, Sajam, Narkoba, Pungli, Perjudian dan pelanggaran lainnya di seputaran Jalan Lintas Prabumulih – Baturaja.

Dalam patroli, petugas melihat gelagat dua orang pria yang mencurigakan di kawasan tersebut. Ketika dekati, keduanya langsung melarikan diri. Namun tidak bagi RU, dirinya berhasil ditangkap, sementara rekannya lolos dari kepungan petugas.
“Dari interogasi awal, tersangka mengelak melakukan aktifitas pungli di wilayah tersebut. Namun diwaktu yang bersamaan, datang mobil truck warna kuning BG 8791 IC mendekat ke tempat penangkapan. Dikatakan sang supir, dirinya sempat menjadi incaran para pelaku,” ungkap Riki.

Dari informasi itu diketahui, kedua tersangka sebelumnya telah melempar kaca depan sebelah kanan mobil sang supir dengan batu. Untuk membuktikan hal itu, pihaknya kata dia langsung melakukan penelusuran.
“Dalam pemeriksaan lanjutan, petugas kita menemukan ranjau paku dan batu sebesar kepal tangan. Dari bukti bukti tersebut, pelaku akhirnya kita amankan ke Mapolres Prabumulih,” tegasnya. (Bakron)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here