Home Baturaja Setelah 8 Tahun Absen, Desa Durian Kembali Ikut Lomba Desa

Setelah 8 Tahun Absen, Desa Durian Kembali Ikut Lomba Desa

SumselNews.com BATURAJA – Lomba Desa yang di laksanakan setiap tahun mulai dari tingkat kecamatan hingga tingkat Nasional bertujuan untuk lebih memberi motivasi dan pembinaan penyelenggaraan pemerintahan desa.

Kali ini, Desa Durian kembali menjadi wakil Kecamatan Peninjauan lomba Desa Tingkat Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), setelah 8 tahun sebelumnya pernah menjadi juara Kabupaten OKU di tahun 2010 dan gagal jadi juara di tingkat Provinsi.

Beberapa ke unggulan yang di miliki Desa Durian sudah dapat mengembangkan kreatifitas dan inovasinya  sehingga mampu menjadi desa teladan dan menjadi percontohan di kabupaten OKU.

Hal ini dibuktikan dengan segudang penghargaan dan prestasi yang diraih desa Durian. Setidaknya ada 4 program unggulan desa durian antara lain program rumah pintar dan rumah kreatif, bank sampah,bumdes serta proklim melalui program inovasi desa.

“Kita optimis Desa Durian dapat kembali menjadi yang terbaik dan terdepan serta mewakili OKU ke tingkat Propinsi bahkan nasional,” kata Feri Iswan Camat Peninjauan di sela kesibukan mendampingi Tim Penilai dari Pemkab OKU pada Rabu (4/4).

Sementara itu Ketua Tim Penilai Yoyin Arifianto mengatakan, berdasarkan laporan yang diterima dan juga pengamatan langsung dilapangan dapat disimpulkan bahwa ternyata respon Pemerintah Daerah, Kecamatan dan Desa bahkan respon dari masyarakat sangat antusias serta membawa nilai-nilai postif terhadap pencapaian sasaran pemberdayaan masyarakat secara keseluruhan.

Selabjutnya,  Yoyin yang pernah menjabat Camat Kedaton ini mengatakan,  hal ini menunjukan bahwa manajemen penilaian lomba desa saat ini yang meliputi materi penilaian tahapan proses serta mekanisme penilaian sampai dengan penentuan juara pada saat nanti.

“Penilaiannya benar-benar dilakukan secara berjenjang dan terbuka sehingga merupakan penilaian yang ideal,”kata Yoyin.

Masih kata dia, penilaian  ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas penyelenggaraan pemerintahan desa yang harapannya dengan penilaian ini maka akan terwujud sistem penyelenggaraan pemerintahan desa yang transparan dan akuntabel.

“Dengan pola perencanaan matang, pelaksanaan tepat,dan pengawasan ketat, akan melahirkan sistem Pemerintahan yang tranfaran dan akuntabel, jangan sampai membuat dokumentasi kegiatan menjelang menghadapi Lomba Desa,”tegas Yoyin yang juga menjabat sebagai Sekretaris Dinas PMD OKU ini.

Informasi yang di himpun SumselNews.com, PJ Kades Durian Hj. Yopi Purnama Sari, memaparkan beberapa kelebihan dan prestasi yang pernah di raih selama ini, serta menampilkan hasil karya PKK desa Duria.

“Kalau memang terpilih jadi juara, itulah yang kami harapkan,”tukas Yopi. (Red).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here