Sumsel

Di Usia Ke-72 Tahun, Kabupaten OKI Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Hingga Pelosok Desa


  • Luncurkan Layanan Kesehatan Jemput Bola

 

SUMSELNEWS.COM – Jelang peringatan hari jadi yang ke 72 tahun, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten OKI meningkat dari tahun ke tahun. Peningkatan angka IPM di Kabupaten OKI terdongkran dari angka 63,87 di tahun 2014 menjadi 65,73 pada tahun 2016, Hasil ini ditunjang dengan ketersediaan pangan, air bersih, sanitasi, energi dan akses ke fasilitas kesehatan dan pendidikan.

Banyak terobosan yang dilakukan pemerintah daerah Kabupaten OKI untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakatnya, salah satu kemajuan yang patut diapresiasi adalah program 1 Desa 1 Poskesdes, jumlah sarana kesehatan ditingkat bawah ini terus meningkat bahkan sudah tuntas di tahun 2017.

 

Bupati OKI H Iskandar SE mengatakan, program pemerintah daerah tidak hanya melakukan pembangunan fisik, juga mempercepat pembangunan pelayanan kesehatan masyarakat di pelosok desa. Salah satunya dengan membangun sarana dan prasarana poskesdes.

“Dengan adanya poskesdes, tentunya kesehatan masyarakat akan terjaga dengan baik,” kata Iskandar.

 

Ditambahkannya, pembangunan daerah akan mudah dipercepat apabila didukung oleh masyarakat yang sehat.

 

Sementara itu, Kepala dinas Kesehatan OKI H.M. Lubis SKM M.Kes mengatakan, hingga saat ini realisasi program satu desa satu poskesdes sudah selesai, program pemerintah untuk memberikan layanan kesehatan juga ditingkatkan pada fasilitas rujukan tingkat pertama, yaitu Puskesmas.

 

“Masyarakat yang dulunya susah mengakses layanan kesehatan, sekarang lebih dimudahkan. Program kesehatan sekarang pun lebih banyak berbasis keluarga, sebagai bagian dari upaya promotif dan preventif,” Ujar H.M. Lubis yang juga menjabat ketua DPD Persatuan Ahli Gizi (Persagi) Sumsel, Rabu (11/10/2017)

 

Dijelaskannya, pekerjaan rumah pemerintah adalah memperbaiki kekurangan dari sistem ini agar semakin baik ke depan. Terutama pemerataan akses layanan kesehatan bagi peserta di seluruh pelosok. Jangan sampai program ini hanya dinikmati segelintir orang di perkotaan, karena sulitnya akses terhadap fasilitas kesehatan (faskes) di daerah.

 

“ Tidak hanya jumlah yang diperbanyak, faskes tersebut pun harus dilengkapi peralatan, sarana, dan ketenagaan” Tutup H.M.Lubis

Sebelumnya, Bupati OKI, H Iskandar SE telah meluncurkan program pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) keliling untuk warga Kabupaten OKI dengan mendistribusikan mobil itu ke sejumlah desa. Langkah ini merupakan bagian dari upaya peningkatan layanan kesehatan masyarakat serta meningkatkan upaya pencegahan penyakit melalui gerakan masyarakat sehat (Germas).

 

“Mobil ini digunakan oleh petugas kesehatan untuk keliling ke kampung-kampung, memberi layanan kesehatan dan yang terpenting mengajak masyarakat untuk hidup bersih dan sehat,” kata Bupati OKI, H Iskandar SE, saat menyerahkan mobil layanan keliling untuk Puskesmas Mulyaguna di Desa Kuripan Kecamatan Teluk Gelam, Selasa, (19/9/2017).

 

Bupati berharap keberadaan mobil puskesmas keliling ini dapat membantu masyarakat dalam hal pelayanan kesehatan. Tahap awal ini ada tujuh unit yang kita siagakan untuk menopang pelayanan kesehatan di desa-desa. Ke tujuh mobil tersebut, lanjut dia, masing-masing didistribusikan ke tujuh puskesmas, yaitu Puskesmas Penanggoan Duren, Mulya Guna, Jejawi, Sirah Pulau Padang, Pampangan, Air Sugihan Jalur 27, dan Pematang Panggang II. (Ril)


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top