Baturaja

Ini dia Tiga Pesan Bupati Kepada Kepala Desa


SumselNews.com BATURAJA – Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Drs H Kuryana Azis mengatakan agar Kepala Desa menjalankan tugas dan fungsi sebagai pelayan, pengayom,  dan pelindung bagi masyarakat.

“Tugas dan fungsi Kepala Desa mengandung nilai pengabdian yang sangat mulia. Apabila kita mampu menjalankan peranan dengan ikhlas dan mampu memberikan manfaat yang luas terhadap masyarakat yang kita layani,”ujar Bupati OKU Kuryana Azis pada acara Pelantikan PAW Kades Kedondong Selasa (10/10)

Selain itu,  Bupati menghimbau masyarakat Desa Kedondong kiranya dapat memberikan dukungan yang baik kepada Jon Hendra selaku Kepala Desa Kedondong yang sudah dipilih melalui forum musyawarah desa.

“Saya yakin dengan semangat pengabdian yang tinggi, Jon Hendra pasti mampu mengemban amanah untuk menyelanggarakan fungsi – fungsi pemerintahan umum dan pelayan kemasyarakatan,”kata Kuryana.

Selanjutnya Kuryana menegaskan tiga hal pokok yang harus di upayakan oleh Kepala Desa, “Pertama, memelihara terus suasana kehidupan yang rukun dan kondusif serta jaga kamtibmas dengan cara melibatkan semua elemen masyarakat dan koordinasi dengan instansi pemerintahan lainnya,”tegas Kuryana.

Kedua kata Bupati, “melanjutkan dan meneruskan semua program kerja dan tertib administrasi,  sehingga tidak terdapat persoalan dalam pertanggung jawaban penyelenggaraan tugas pokok dan fungsi roda pemerintahan desa,  terutama yang menyanglkut laporan dana desa (DD)  dan ADD sesuai ketentuan yang berlaku,”jelas Bupati.

Yang ketiga lanjut Bupati, “mempersiapkan dengan baik dan memfasilitasi semua tahapan pelaksanaan RPJM Desa,  yang di tuangkan dalam APB Des,  serta mempersiapkan pertanggung jawaban penggunaan Dana Desa secara akuntabel, transparan dan tertib, “tegas nya lagi.

Pada kesempatan itu Kuryana memegaskan,  agar Kepala tidak berfikir untuk mengembalikan biaya selama proses pemilihan sebelumnya.

“Ikhlaskanlah semua biaya yang di keluarkan selama proses pemilihan, mungkin saat itu telah mengeluarkan biaya untuk kumpul keluarga dan biaya lain lain jelas itu rugi,  namun anggaplah itu sebagai sedekah agar macam – macam dengan Dana Desa  supaya tidak tersandung kasus hukum,”ungkap Kuryana.

Selain itu,  Kuryana juga menegaskan kepada Kades Pemgganti Antar Waktu yang baru di lantik, untuk tidak mengecewakan masyarakat.,”Meskipun Jabatan Kades berstatus PAW, jangan kecewakan masyarakat,  bekerjalah sesuai harapan masyarakat. Berikan pelayanan yang optimal dan berikan waktu dan ruang seluas – luasnya bagi aspirasi masyarakat,  karena fungsi utama Pemerintah Desa yang di dukung perangkatnya adalah mengayomi dan melayani semua urusan maayarakat.

Kuryana mengajak semua Kepala Desa dan segenap perangkatnya kiranya dapat menumbuhkan motivasi pengabdian dan membangun semangat kerja keras untuk berbuat terbaik bagi masyarakat.

“Mari kita bekerja – sama, saling bahu membahu secara sinergis untuk melanjutkan dan memaksimalkan kesuksesan program – program pembangunan daerah, khususnya di tingkat pedesaan agar manfaatnya di rasakan masyarakat, “pungkas Kuryana. (Red).


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top