Baturaja

Seragam Ala Jokowi, PNS di Wajibkan Pakai Kemeja Putih

Baturaja – Ada pemandangan baru di Sekretariat Pemkab Ogan Komering Ulu (OKU) Sumatera Selatan , Pada Kamis (14/1). Pasalnya, tak seperti biasa seluruh pegawai negeri sipil (PNS) di kantor Bupati setempat terlihat berbeda. Selidik punya selidik, ternyata abdi negara di daerah itu terhitung awal Januari 2016 diwajibkan memakai seragam kemeja berwarna putih dan celana dasar hitam atau gelap setiap Kamis.

“Terhitung Januari ini kita memang diwajibkan memakai seragam putih hitam setiap Kamis. Kebijakan ini berlaku perdana hari ini ,” ungkap Kabag Humas dan Protokol Pemkab OKU, Riduan SAg, didampingi Kasubag Pemberitaan dan Dokumentasi, Dede Fernandes.

Dijelaskan Riduan, kebijakan memakai seragam baru itu diberlakukan sesuai dengan surat edaran Bupati OKU Nomor : 065/394/SE/IX/2015 tentang pakaian dinas harian (PDH) pegawai di lingkungan Pemkab OKU. Sebagai tidak lanjut dari Permendagri Nomor 68 Tahun 2015.

Adapun isi surat edaran itu adalah mengatur perihal jadwal dan jenis PDH yang wajib dikenakan PNS di lingkungan Pemkab OKU. “Kebijakan ini juga berlaku untuk seluruh PNS di satuan kerja perangkat daerah, kecamatan dan kelurahan,” tegasnya.

Menurut Riduan, sesuai aturan para PNS di OKU wajib mengenakan PDH hansif setiap Senin, sementara Selasa dan Rabu PDH kuning khaki, Kamis PDH putih hitam, serta Jumat PDH batik khas OKU atau pakaian olahraga. “Aturan ini wajib dipatuhi dan bagi yang melanggar akan diberikan sanksi teguran oleh pimpinan masing-masing,” katanya.

Kendati sudah di berlakukan seragam tersebut, disinggung berapa besar dana yang diperuntukan untuk membuat PDH hitam putih, Riduan menegaskan, Pemkab OKU maupun seluruh SKPD belum ada yang menganggarkan dana khusus untuk pengadaan seragam kerja tersebut.

 “Kita semua secara sukarela menempa sendiri-sendiri seragam ini. Saya belum tahu apakah kedepan akan ada anggaran khusus untuk pengadaan PDH hitam putih,” pungkasnya.(Rud)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top