Gugatan di Tolak MK, Besok KPUD Langsung Penetapan Pemenang – SumselNews.Com
Baturaja

Gugatan di Tolak MK, Besok KPUD Langsung Penetapan Pemenang

Baturaja – Sidang putusan Mahkamah Konstitusi Perselisihan Hasil Pemilu (PHP) Kabupaten Ogan komering Ulu (OKU) Sumatera Selatan yang di gugat oleh Paslon Nomor Urut 2 Hj Percha Lean Puri – H Nasir agun, sempat molor satu pekan dari jadwal sebelumnya, hari ini di putuskan.

Menurut Komisioner KPU OKU dari Divisi Sosialisasi Yudi Risandi ketika dikonfirmasi  sesaat usai persidangan di MK membenarkan bila gugatan cabup nomor urut 2 tersebut pada Pilkada 9 Desember 2015 lalu ditolak.

“Hasil sidang, dalam bahasanya, majelis hakim MK menerima eksepsi termohon dan pihak terkait, serta menolak permohonan termohon,” ungkap Yudi Risandi via sambungan seluler pada Senin siang (25/1).

Selanjutnya di menjelaskan, pihaknya akan langsung menggelar pleno terbuka penetapan Paslon Bupati – Wakil Bupati terpilih.

“Penetapan Paslon terpilih sehari setelah diterimanya salinan putusan MK. Jadi hari ini akan kita terima, dan besok (Selasa 26/1 red) langsung kita tetapkan di Gedung SKB Baturaja,”katanya.

Dijelaskannya,” bahwa dalam amar putusana, hakim sependapat dengan jawaban yang disampaikan KPU OKU menggunakan Pasal 158 Undang-undang Nomor 8 tahun 2015 tentang Pilkada (UU Pilkada) untuk menggagalkan gugatan Percha Nian.

“Sesuai pasal 158 UU No. 8 dan UU No. 1 – 5 pasal 6, hakim memutuskan bahwa permohonan pemohon tidak diterima, sesuai keputusan MK itu, maka 1X24 jam Paslon terpilih langsung ditetapkan. Setelahnya kita akan menunggu proses pelantikan,”jelasnya.

Sementara itu, Sekjen Partai Nasdem OKU Rakhmat Saleh,  sebagai Partai pengusung dan atas nama masyarakat OKU,  bersyukur atas keputusan Mahkamah Konstitusi yang menolak gugatan Pasangan Percha – Nasir Agun.

“Dengan adanya keputusan ini, maka pasangan “Bekerja” Kuryana Azis – Johan Anuar sudah di pastikan akan memimpin OKU untuk lima Tahun ke depan, dan kemenangan ini adalah kemenangan masyarakat OKU,” ungkap Rakhmat Saleh.

Dia berharap, sambil menunggu pelantikan, agar para pendukung untuk tidak eforia atas Keputusan MK hari ini, dan mengajak semua elemen masyarakat untuk menahan diri, serta mendukung program Pasangan Kuryana – Johan dalam memimpin OKU untuk Kabupaten OKU yang maju dan gemilang.(Rud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top