Batal Berangkat, Calon Jemaah Laporkan Biro Perjalanan Umroh – SumselNews.Com
Baturaja

Batal Berangkat, Calon Jemaah Laporkan Biro Perjalanan Umroh

Baturaja – Biro perjalanan umroh kembali dilaporkan warga. Setelah sebelumnya warga melaporkan Dino Sudtedja pemilik PT Baitullah dengan laporan penipuan, kali ini direktur PT Cahaya Ka’bah Ryan Dinata warga jalan Padat Karya lorong Belitung Kelurahan Sekarjaya Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Sumatera Selatan, yang dilaporkan Ujang (60) warga jalan Semangja IV Kecamatan Ilir Barat II Palembang ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres OKU.

Pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) melaporkan Ryan Kamis lalu sekitar pukul 21.00 WIB atas tuduhan telah menipu korban karena tidak kunjung memberangkatkan korban umroh. Padahal korban telah menyetorkan uangnya sebesar Rp 55.300.000 untuk biaya keberangkatan umroh dirinya dan istrinya yang dijadwalkan berangkat pada 11 Juni tahun lalu. Atas kejadian tersebut, korban merasa dirugikan dan melaporkan kejadian tersebut.

Menurut keterangan korban dihadapan petugas yang memeriksanya, kejadian tersebut bermula ketika niatnya dan istri akan beangkat ketanah suci untuk melakukan ibada umroh. Setelah memilih biro perjalanan umroh, akhirnya korban menetapkan hati berangkat melalui jasa PT Cahaya Ka’bah. Sekitar pukul 10.00 WIB tepatnya tanggal  27 Maret tahun lalu, akhrinya korban mendatangi kantor PT Cahaya Ka’bah untuk mendaftarkan diri.

Namun hingga saat ini,korban tidak pernah diberangkatkan, kata korban pihak biro perjalanan tersebut belum memberangkatkannya dengan alasan ada kesalahan teknis dalam jadwal penerbangan. Dan jika permasalahan tersebut tak kunjung selesai,maka uang korban akan dikembalikan.

Kapolres OKU AKBP Dover Christian SIk MH melalui Kasat Reskrim AKP Rivanda SIk membenarkan adanya laporan tentang kejadian tersebut. Kata Rivanda, saat ini berkasnya sudah diruang pidum untuk kemudian dilakukan proses selanjutnya.”ini berkasnya sudah selesai, tinggak dilakukan proses pemeriksaan selanjutnya,”pungkas Rivanda pada Jum’at (22/1)

Sementara itu, Ryan Dinata selaku direktur PT Cahaya Ka’bah saat dikonfirmasi melalui telepon genggamnya membantah jika dirinya telah melakukan penipuan terhadap korban. Dirinya menegaskan, jika saat itu pada waktu jadwal keberangkatan pelapor bertepatan dengan bulan suci Ramadhan dan dipastikan tidak ada yang boleh melaksanakan umroh pada bulan Ramadhan

“kemudian kita kasih pilihan kepada pak Ujang beserta rombongan yang lain, jika ingin berangkat umroh nanti setelah warga muslim turun haji, tepatnya dibulan Desember. Seluruh calon jamaah sepakat untuk memundurkan jadwal keberangkatan selepas ibadah haji,”terang Ryan

Lebih lanjut Ryan mengatakan saat itu hanya pak Ujang yang menolak untuk berangkat, dan mengatakan jika dirinya sudah mendaftar haji bersama istrinya,”nah karena beliau tidak ikut, maka uangnya kami kembalikan, perjanjian uan g akan dikembalikan tanggal 20/1 kemarin. Karena saat itu saya bersama jemaah umroh yang lain masih dalam perjalanan pulang, tepatnya tanggal segitu kita masih d Kuala Lumpur, jadi saya belum bisa kembalikan uang beliau,”lanjut Ryan

Ryan juga menegaskan, jika dirinya telah mengembalikan uang pak Ujang Jum’at siang (22/1), setelah dirinya sampai ke Baturaja,”uang sudah saya kembalikan, yang mana lagi yang dikatkan penipuan,”pungkasnya.(Rud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top