DPRD OKU Segera Lantik Pengganti Johan Anuar – SumselNews.Com
Baturaja

DPRD OKU Segera Lantik Pengganti Johan Anuar

Baturaja – Kekosongan salah satu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Ogan Komering Ulu (OKU) Sumatera Selatan pasca mundurnya Ketua DPRD OKU Drs Johan Anuar SH MM yang mencalonkan diri sebagai wakil Bupati beberapa waktu lalu , kini DPRD OKU sudah menjadwalkan pelantikan pengganti antar waktu (PAW) Rusman Junaidi sebagai anggota dewan menggantikan Johan Anuar.

Hal ini di paparkan Wakil Ketua DPRD OKU, Hj Indrawati didampingi anggota Yopi Syahrudin usai rapat Banmus Rabu (20/1), menyampaikan, kalau pihaknya telah menjadwalkan untuk pelantikan PAW anggota dewan dari Fraksi Golkar. Hal ini dilakukan, seiring dengan telah diterimanya SK Gubernur Sumsel, mengenail hal tersebut.

“Sebagaimana kita ketahui bersama, kursi Golkar di dewan dengan mundurnya pak Johan Anuar yang mencalonkan diri sebagai Wakil Bupati OKU, berkurang satu. Maka, berdasarkan ketentuan yang ada dan SK Gubernur, maka PAW akan dilakukan. Dari hasil Rapat Banmus telah kita agendakan, pelantikan PAW Rusman Junaidi menggantikan Johan Anuar, akan kita lakukan pada Sabtu (23/1 red) mendatang,” ungkap Yopi.

Selain itu Sambung Yopi, dalam Banmus yang digelar hampir dua jam tersebut, para wakil rakyat tersebut juga menjadwalkan kegiatan persidangan dan kegiatan anggota dewan lainnya untuk Tahun Anggaran 2016. Namun, masih bersifat global dan masih akan dibahas kembali pada rapat Banmus selanjutnya.

“Tentunya banyak hal yang akan kita lakukan ke depan, gua mendorong pemerintah dalam melaksanakan roda pemerintahan. Terutama kaitannya dengan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” sambungnya.

Disinggung mengenai pelantikan Ketua DPRD, dirinya tidak mau berkomentar. Menurut dia, kewenangan mutlak ada pada partai. DPRD sendiri hanya memfasilitasi, secara administrasi. “Ini bukan kewenangan dewan, melainkan partai. Kita menunggu keputusan partai, siapa yang dipercaya untuk duduk sebagai pimpinan (Ketua DPRD). Setelah nama itu keluar, diproses sesuai aturan, baru dijadwalkan untuk pelantikan,” jelasnya.

Sementara Anggota Banmus dari Frkasi PAN, Mirza Gumay mengharapkan, pada program kerja anggota dewan 2016 kiranya lebih maksimal dan menyelesaikan pekerjaan yang masih tertunda di 2015. Ia mencontohkan, beberapa program legislasi daerah (Prolegda) yang belum selesai tahun lalu, kiranya diselesaikan.

“Ia juga sangat menekankan terhadap rekan-rekannya di legislatif, supaya kinerjanyajuga terarah dan melakukan skala prioritas. Mana yang memang menjadi kepentingan masyarakat luas, harus digenjot,” katanya.

Mirza juga mengemukakan, Bimtek merupakan hak yang bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan, dalam peningkatan kerja dewan. Oleh karenanya, hasil yang nyata dari Bimtek. “Bimtek memang untuk membantu kerja dewan, sebagai lebaga budgeting (penganggaran), legislasi (pembuat UU/Perda), dan juga controling (pengawasan),” tandasnya.(Rud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top