Beranda Sumsel Kemenag Tekankan Birokrasi Profesional, Orientasi Pelayanan Publik

Kemenag Tekankan Birokrasi Profesional, Orientasi Pelayanan Publik

30
0

SUMSELNEWS-Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama menggelar Rapat Kerja Kanwil (Rakerwil) Kemenag. Pada Rakerwil yang dibuka oleh Sekretaris Irjen Kemenag RI Drs. H. Muhammad Thamrin, MM menekankan Birokrasi yang professional dan berorientasi pelayanan Publik. Kepada seluruh peserta Raker yang dilaksankan di Hotel Horison Palembang (12/7) ini,  Thamrin mengingatkan pelayanan public yang perlu ditingkatkan dalam waktu dekat adalah pelayanan Haji.

Menurutnya haji layanan yang perlu disegerakan karena pada tanggal 17 Juli pertama pemberangkatan Haji se Indonesia. Ia mengingatkan seluruh panitia Haji untuk bekerja maksimal dalam emmeberikan pelayanan terhadap Tamu Allah.

“ seluruh Jemaah Haji telah mengikuti manasik haji dari tingkat KUA Kecamatan hingga Kemenag, diharapkan jemaah haji memiliki bekal untuk melaksankan ibadah ke tanah suci nanti, seluruh panitia harus memebrikan pelayanan terbaiknya. Haji adalah garda terdepan/ tolok ukur dalam penilaian peningkatan layanan public Kemenag” ujarnya.

Hal lain yang disampaikan terkait pemahaman radikal, yang menjadi isu Nasional, ia berharap Bimas Islam, Hindu, Budha, Kristen, katolik, termasuk para Kakanwil mengadakan pendekatan dengan pengurus, pengelola, sehingga memiliki komitmen terhadap persatuan NKRI. Selain itu, kinerja KUA juga disoroti terutama dalam pelayanan PNBP, agar tepat sesuai jadwal, pelaporan sehingga tepat sasaran dalam pengelolaan operasionalnya.

Tidak hanya itu,  peran Penyuluh Agama Honorer (PAH) agar dapat meningkatkan peranannya dalam emmebrikan bimbingan dan penyuluhan, dan kedepan akan lebih dioptimalkan pula anggaran bagi penyuluh Agama sehingga lebih efektif.

Pelayanan public lainnya yaitu dibidang Pendidikan. Ia mengatakan agar dana BOS, PONPES Salafiyah, untuk lebih teliti anggaran, sehingga pengelolaan anggaran lebih optimal dan dapat dipertanggungjawabkan sebagai penunjang dana Pendidikan.

Memasuki tahun politik, ia mengingatkan Kepada kepada pembimas Islam,Kristen, Katolik, Hindu Budha diharapkan untuk berkoordinasidan Bersama membangun kerukunan Umat Beragama,  jangan sampai ada yang menjadi provokator terlebih sebagai ASN.

Ia mengapresiasi Prestasi yang diraih Kanwil kemenag Sumsel terkait Laporan Keuangan terbaik sewilayah DJKN Sumbangsel, termasuk Web Terbaik pertama pada penilaian semester I

Sebelumnya Kakanwil Kemenag Prov Sumsel HM. Al Fajri Zabidi, MM, M.Pd.I menyampaikan Laporan Keuangan Kanwil kemenag Sumsel yang memperoleh terbaik I  se wilayah DJKN Sumbangsel, Terbaik Website semester I Nasional. Menurutnya prestasi tersebut merupakan feed back kinerja tahun 2017 berharap tahun 2018 prestasi ini terus ditingkatkan.

“Prestasi diharapkan sebagai acuan kerja untuk lebih semangat meningkatkan kinerja dan berupaya berkoordinasi, meningkatkan sinergitas sesuai dengan peraturan perundang-undangan agar tetap on the track. Sebagai kilas balik agar ebih baik di tahun mendatang” ungkap Al Fajri

Kegiatan ini diketuai oleh Kabag TU H. Paidol Barokat M.PdI, diikuti oleh 184 orang peserta yang terdiri dari Kepala seksi di Lingkungan Kanwil Kemenag Sumsel, Kepala Kankemenag Kab/Kota, Kepala KUA, Kepala Madrasah di Lingkungan Kanwil kemenag Sumsel hingga 15 Juli mendatang. (ajib)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here