Beranda Sumsel Muba Wakil Rakyat Yang Ikut Kampenye hingga Kini Belum Menyerahkan Ijin Cuti Ke...

Wakil Rakyat Yang Ikut Kampenye hingga Kini Belum Menyerahkan Ijin Cuti Ke KPUD Muba

0

MUBA, Sumselnews – Sesuai Peraturan KPU (PKPU), setiap anggota DPRD wajib mengajukan cuti pada saat ikut kampanye. Sebagaimana diatur dalam pasal 63 PKPU nomor 4 tahun 2017.

Namun, hingga kini KPUD Muba belum menerima laporan data cuti anggota DPRD Kabupaten Muba yang mengikuti kampanye

“Hingga kini cuti anggota DPRD yang ikut kampanye belum kami terima, kami harap bagi wakil rakyat yang menjadi jurkam agar menyerehakan ijin cuti sesuai atuaran ,” kata Ketua KPUD Muba Firdaus Marvel’s Sabtu (10/3).

Ia menjelaskan, secara tertulis, anggota dewan baik daerah maupun pusat mengajukan kepada pimpinan dewan. Pengajuan cuti, harus mendapatkan persetujuan tertulis pimpinan dewan dan diserahkan kepada KPU dan Panwaslu.

“selaku anggota legislasi (pembuat undang-undang) mengerti bagaimana konsekwensi yang akan dihadapi manakala melanggar aturan.”tegasnya

Oleh karena itu, Pihaknya masih menunggu laporan data cuti anggota DPRD yang ikut kampanye.

“Mungkin menyusul. Belum menanyakan langsung ke Ketua DPRD terkait surat Cuti. Sebab, itu pelanggaran kode etik berdasarkan undang-undang,”terangnya.

Sebagai informasi, berdasarkan aturan PKPU setiap anggota dewan yang mengikuti kampanye tanpa izin cuti dari pimpinan DPRD akan berdampak pada pasangan calon yang mereka usung. Paslon dianggap telah melakukan pelanggaran administrasi kepemiluan. (Zuhri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here