Beranda Headline Kades Cairkan DD dan ADD, Kholid : Gunakanlah Untuk Kepemtingan Masyarakat

Kades Cairkan DD dan ADD, Kholid : Gunakanlah Untuk Kepemtingan Masyarakat

0

Sumselnews.com, Martapura – Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi kembali menyerahkan secara simbolis Bantuan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) di 53 Desa dari 5 Kecamatan. Yakni Kecamatan Bunga Mayang, Jayapura, Martapura, BP Peliung dan Madang Suku III. Rabu, (6/6).

Untuk Dana Desa sendiri terdapat 48 Desa Defenitif dari 5 Kecamatan yang menerima bantuan, dengan nilai Rp. 34.298.789.683. Sedangkan untuk  ADD terdapat 53 Desa yang menerima bantuan dari tahap I sebesar 70 persen dengan jumlah Rp. 3. 798. 329.682.

Dalam sambutannya, Kholid berpesan Dana bantuan yang di serahkan ini agar fokus di gunakan untuk kepentingan Masyarakat. Kholid memaparkan, dalam Dana Desa ini sendiri boleh di gunakan untuk pengembangan usaha Koperasi melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat. Menurut Kholid, Kepala Desa harus mampu mensiasati usaha apa yang bagus untuk di kembangkan di desa masing-masing.

“Dana Desa dan ADD ini tidak serta merta harus selalu di gunakan dalam pembangunan infrastruktur, namun pembangunan dan pertumbuhan  Ekonomi kemasyarakatan juga harus di pikirkan. Tujuan Pemerintah memberikan bantuan ini untuk membangun dari desa,” ucap Kholid.

Dilanjutkannya, penyaluran Bantuan ini tidak ada yang tahu apakah akan terus di salurkan setiap tahun atau tidak, maka demikian Kholid mengingatkan dalam penggunaannya haruslah dilaksanakan dengan sebaik mungkin dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat.

“Martapura dan sekitarnya merupakan wilayah yang sudah di petakan menjadi wilayah Agropolitan. Artinya setiap kepala Desa harus mampu mengembangkan usaha yang berorientasi pada kebutuhan masyarakat. Gunakanlah Dana itu sebaik mungkin untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat,” sebut Kholid.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD)  Rusman menambahkan, Dana Desa yang bersumber dari APBN tahun 2018, OKU Timur mendapatkan bantuan sebesar Rp. 205.926.152.00 yang di salurkan ke 305 Desa Defenitif. Sedangkan untuk ADD yang bersumber dari APBD Pemkab OKU Timur tahun 2018 berjumlah Rp. 88.066. 545.200. Yang akan di serahkan ke 325 Desa. “Untuk DD ada 3 tahap penyaluran, yakni 20, 40 dan 40 persen. Untuk ADD ada 2 tahap yakni 70 dan 30 persen. Untuk penyerahan bantuan ini di bagi 4 Zona. 5 Kecamatan ini merupakan zona 4 dan yang terakhir jadwal penyerahan,” terangnya. (fah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here